Jumat, 25 Januari 2013

Pesona Sekolah Alam



Hamparan sawah yang hijau, Udara yang bersih dan sinar matahari yang langsung masuk ke dalam ruangan. Suasana riuh anak-anak sedang menata meja dan kursi. Pagi ini merupakan suasana yang berbeda bagiku, biasanya pemandangan yang kulihat adalah bangunan tinggi, suara kendaraan yang lalu lalang di depan rumah. Tapi kali ini BERBEDA, setelah selesai menjelajah alam atau yang disebut dengan tracking di daerah jelok beji patuk gunung kidul dan alhamdulilah perut sudah terisi makanan dari sarapan yang disiapin ibu-ibu desa Beji . Semangat ini semakin bertambah untuk bergabung bersama adik-adik Sekolah alam.
Sekolah alam? Pertama kali mendengar nama itu terlintas di pikiran kita seperti apa sekolah tersebut apakah sama dengan sekolah yang biasanya dengan ruangan kelas penuh meja kursi dan berada di tepi jalan besar. Namun, sekolah itu berbeda dengan sekolah seperti biasanya. Terletak di sebuah desa dengan dikelilingi hamparan sawah yang hijau. Ruangan belajar pun sederhana sekali dengan beberapa mainan, alat musik (angklung), meja, kursi dan papan tulis. Suasana belajar-mengajar begitu menyenangkan, suara alam seperti gemerecik air dan kicauan burung akan sering kita jumpai disini. Kesempatan langka ini untuk bergabung dengan adik-adik sekolah alam benar-benar special buat aku. Aku dan teman-temanku yang berasal dari remaja masjid Al-marhamah mendapatkan kesempatan untuk bermain dan belajar dengan adik-adik sekolah alam.
Peel banana….Slice banana…..Eat banana, kami bernyanyi bersama adik-adik. Sedikit permainan kami mengajarkan adik-adik untuk bernyanyi, bergerak dan juga belajar bahasa inggris. Selain itu kami juga mengajari adik-adik bermain Poki-poki. Seperti ini cuplikan lagunya “Tangan kanan kedepan, tangan kiri ke depan kedua tangan ke depan dan digoyang-goyangkan bermain poki- poki bermain poki-poki digoyang-goyang” semangat adik-adik sangat tinggi ketika kita mengajak mereka bernyanyi dan bermain tebak-tebakan. Namun sepertinya waktu terus berputar dan kita harus berpisah karena kita sudah ditunggu bapak-bapak pegelola desa wisata untuk outbond. Bertepatan juga dengan jam pulang sekolah alam, maka kita tutup acara bersama adik-adik dengan lagu sayonara…..
Setelah itu….jadi terinspirasi untuk mencoba sekolah alam. Hihhihi. Walaupun bukan anak sekolahan lagi udah mahasiswa. Tapi mauu juga kalau belajarnya di tengah-tengah alam terbuka gitu :p. Satu hal pelajaran berharga: Belajar bisa dilakukan dimana saja entah di ruangan atau di alam terbuka. Tapi satu hal yang pasti jangan pernah memadamkan semangat belajar pada diri kita sendiri maupun orang lain, karena dengan belajar maka kita dapat mengetahui banyak hal. ^_^

Ininih catatan lirik lagu banaa juice :p




Ayoooo semuanya tangan pegang kepala



Ayoooo nyanyi bareng ya 1..2....3...

Sekarang main poki-poki yuuuk

Bermain poki-poki


Wuaduuuuhh ni adiknya nyari apaan ya? :p


Foto bareng nih sama adik-adik sekolah alam :)

7 komentar:

  1. like like like, nice posting mbak :)

    lanjutkan !!!

    BalasHapus
  2. hey, just nominating you for liebster award! ;)

    check out my blog :)

    http://ekaneechan.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. aku suka liat anak kecil lucu-lucu hihi.
    mbak, boleh minta followbalik nya nggak? terimakasih dan sukses terus ;)

    BalasHapus
  4. @fbraji, trimakasih ^_^, mudah2an msh bisa eksis hehhehe

    @eka, thank you very much, i feel so happy
    don't forget to follow me :p

    @febriani, hihihii iyaya kalo liat anak kecil itu suasananya menyenangkan. iya sama-sama. salam kenal:)

    BalasHapus
  5. sama2 mbaaak :) eksis terus kok, santaaaiii :p

    BalasHapus
  6. haha.. bermain poki poki. keinget ama ospek kemarin.
    salut buat mbak mbak sekalian

    BalasHapus
  7. @arif, iyaaakah? ternyata poki2 sudah menjamur ya. iyaa trimakasihh :)

    BalasHapus