Rabu, 26 September 2012

Mengisi Hari-Hari Dengan Bijak !!


Mengisi Hari-Hari Dengan Bijak !!

            Melewati tangga dan lorong-lorong kelas perkuliahan yang semakin sepi dan sunyi. Langkah terhenti ketika seseorang memanggilku “Mariska….Mariska….” . Langkah terhenti dan juga sebuah awal pembicaraan yang menginspirasi. Pembicaraan terus berlanjut dengan Sang Pemimpin itu, beberapa pernyataan dan nasehat masih terbenak dalam pikiranku. Bahkan sebuah sanggahan keluar, “Ha? Gaklah, saya bukan siapa-siapa beneran”.  Pembicaraan semakin mengubah pola pikirku dan sebuah kalimat yang membuat saya terus berpikir.
“Hidup itu Cuma sekali, bahkan umur yang muda ini juga hanya sebentar dan sekali, kenapa tidak kita gunakan waktu se maksimal mungkin untuk membuat hari-hari semakin bermakna? Dengan menjadi pemimpin atau organisator” -Sang Pemimpin-
            Beberapa kalimat itu membuat aku mundur kebelakang, flashback ke tahun2 sebelumnya. Yah sebelumnya saya juga bertemu dengan seseorang yang melakukan sebuah perubahan dan memaknai hidupnya lebih baik lagi. Ketika itu aku selalu mengatakan hal-hal yang imposibble, ragu untuk melakukannya dan bahkan berujung berkecil hati.
“ Biarlah orang mau ngomong apa tentang title sekolah, tapi satu hal yang penting bahwa kita bisa jadi orang yang LEBIH luar biasa dibanding anak-anak yang lain ketika kita yakin dengan diri kita sendiri” –Si Nenek-
            Selain itu aku juga teringat seorang teman baik yang sekarang jadi guru buatku. Saat masih berstatus anak putih abu-abu. Segala keluh kesah mengenai organisasi bahkan terkadang hal-hal tentang hidup semua aku ceritakan semuanya ke dia. Bahkan sampai cerita pribadi. Aku yang benar-benar jadi anak sok sibuk terkadang melupakan hal-hal lain. Yaitu “Sahabat”, kita selalu berbagi dengannya tapi terkadang lupa untuk mendegarkan keluh kesahnya. Kita bercerita dan berceloteh seakan dia merasa seperti tong sampah yang selalu menampung segala celoteh. Aku benar-benar salut untuk orang ini, kini dya lebih bersinar dari yang aku bayangkan. Bangga untuk sahabatku satu ini, perkataan yg selalu jadi bayang-bayang dan memotivasiku
“ Dimana saja kamu berada, entah di tempat yang tinggi atau rendah. Kamu tetep kamu. Kamu yang akan selalu bersinar dan aku yakin kamu akan lebih bersinar disana” –Si Nyak Bue”
            Bahkan sebenarnya aku memiliki orang-orang disekelilingku yang benar-benar membuat aku lebih bijak dalam mengambil keputusan. Ketika aku jatuh, rapuh bahkan mencoba melupakan mimpi-mimpi yang tertulis rapi di buku impianku. Seseorang benar-benar membuatku untuk tidak membuang semua mimpi-mimpiku yang aku rancang dan inginkan. Seseorang ini juga sahabat terbaik ku yang aku berharap keadaannya sekarang lebih baik dari terakhir kali bertemu denganku. Sebuah Quote yang tak terlupakan….
“Apa yang terbaik buat kamu,, belum tentu yang terbaik buat Allah SWT. Terkadang mimpi kita tidak semuanya terwujud, tapi kita masih punya banyak mimpi lain untuk kita buat menjadi nyata”-Mbol-
            Waktu terlalu cepat untuk dilalui jika kita melakukan hal-hal yang kurang bermakna. Bukankah umur 17,18,19 tahun dan seterusnya hanyalah sekali dalam seumur hidup. Hanya terjadi saat itu juga, kenapa kita tidak mengisi dengan hal-hal yang bermakna? Hal-hal yang lebih menantang lagi untuk perjalanan hidup ini. Bukankah perjalanan yang berkelok dan menantang lebih menyenangkan? Dibandingkan dengan jalan lurus? Segala sesuatu yang pahit dan manis harus kita resapi dan syukuri juga. Bahwa kapan lagi kita bisa merasakan itu semua? Menjalani kehidupan yang bear-benar membuat kita belajar lebih dewasa. Pilihanmu menenentukan jalanan yang kamu lewati, mariii kita buat hidup ini  lebih berwarna dengan bijak.
           

2 komentar: